Kamis, 22 Januari 2015

Cara Mengatasi Error BlueScreen Win32k.sys pada Windows XP dan 7

Ilustrasi Blue screen Win32k.sys
Beberapa hari yang lalu, saya mengalami masalah pada laptop saya. Celakanya saya tidak atau belum pernah mengalami masalah tersebut. Masalah tersebut sepertinya terjadi error pada file system di path Windows System 32 yang tentu saja berakibat laptop saya mengalami proses reboot berkali-kali hingga akhirnya mati. Kemudian, saya menyalakan kembali laptop saya dan tidak menemui kendala tersebut lagi hingga beberapa menit setelah laptop hidup kembali. Saya biasa saja dan tidak menganggap serius masalah tersebut karena toh nyatanya laptop saya kembali bekerja.
Baru saja membuka internet beberapa menit, laptop saya kembali mengalami reboot dan kembali terlempar ke jendela blue screen dan bertuliskan banyak kalimat pemograman yang sama sekali saya tidak mengerti. Setelah itu laptop kembali mati.
Kemudian saya mencoba mencari solusi permasalahan pada PC saya ini di handphone saya, da mencarinya di internet. Dan waaawww!!! belum ada artikel di google yang memuat isi dari apa yang saya cari dalam bahasa indonesia. Di dalam keyword “Win32k.sys fix solution” tersebut hanya ada sekitar 12 hasil pencarian dan itupun dalam bahasa inggris yang di muat di beberapa forum, blog dan situs microsoft. Kemudian saya coba buka satu per satu hasil pencarian hingga menemukan beberapa opsi solusi disitu. 
Dari beberapa yang saya baca dalam bahasa inggris, ternyata memuat solusi fix-ing yang hampir sama yaitu “masalah tersebut terjadi karena meng-install software atau hardware yang tidak mendukung di windows kita”.
Saya kemudian mengingat-ingat, dan saya ingat yang terakhir kali saya menginstall software Dell System Detect, Kakao Talk PC, dan Update software Display Adapter (VGA). Oh, iya mungkin masalahnya di mulai dari sini. Saya tidak hanya mencoba 1 cara saja, namun sampai 3 cara loh hehehe.
Itulah cerita singkat awal dari Masalah komputer mengalami Win32k.sys Blue screen.
Nah, karena saya mengalami masalah ini pertama kali dan mengalami kesulitan dalam mencari penyebab dan solusi tersebut jadi saya berinisiatif untuk share ilmu melalui tulisan ini yang memuat beberapa cara mengatasi masalah blue screen win32k.sys pada windows 7 dan XP, karena saya berfikir beberapa komputer mengalami masalah yang sama dengan kemungkinan penyebab yang berbeda. Berikut ini solusi nya:
Menggunakan Command Prompt
Oke, opsi pertama saya adalah menggunakan Command Prompt atau di singkat cmd. ya, walaupun tidak di sebutkan dalam sumber beberapa sumber yang saya baca tadi namun saya mencoba cara ini pertama kali. Sebenarnya cara ini untuk mem-verified (scan) system pada windows namun apa salahnya mencoba. Perhatikan langkah-langkah nya sebagai berikut:
  1. Buka command prompt dengan cara klik Start – Accessories – Command Promt
  2. Jika sudah terbuka, tinggal tulis saja sfc.exe/scannow lalu klik enter.
  3. Tunggu hingga proses verified selesai 100%. Kalau sudah, restart PC anda.
Ini adalah cara pertama. Jika masih gagal coba cara kedua yang akan saya kasih tutorial nya di bawah ini. Saya pun gagal untuk cara pertama ini. Tapi harap di coba dulu.
Menghapus Driver Display Adapter
Mungkin kalian sebagai pembaca akan sedikit aneh dengan cara terakhir ini. Kalian mungkin akan berfikir bahwa kenapa saya menulis cara ini jika sebelumnya saya menulis cara dimana adalah kebalikannya. Tapi percayalah, tiap PC memiliki penyebab yang berbeda. Cara ini saya lakukan karena laptop saya mengalami masalah tersebut lantaran sebelumnya saya meng-update driver display adapter. Jadi, berdasarkan apa yang saya baca di beberapa forum salah satu penyebabnya adalah meng-update driver, jadi mungkin cara ini berhasil. Dan benar saja, cara ini berhasil pada laptop saya.
Cara ketiga atau terakhir ini adalah sebagai berikut:
  1. Tekan tombol Start + R pada keyboard, maka akan muncul jendela Run.
  2. Tuliskan devmgmt.msc pada kolom open lalu tekan enter. Maka akan muncul jendela Device manager.
  3. Kemudian pilih Display Adapter, dan klik kanan pada Driver default nya. Punya saya menggunakan Intel HD graphics. Jadi klik kanan, lalu klik properties.
  4. Akan muncul jendela baru, klik saja langsung pada bagian Uninstall Driver.
  5. Tunggu hingga proses selesai, jika sudah selesai silahkan Restart windows anda.
System Recovery
Ini dia cara yang terakhir yaitu dengan cara masuk ke System Reovery. Caranya sebagai berikut:
  1. Restart dulu komputer anda, lalu saat booting tekan F8 untuk masuk ke Safe Mode.
  2. Pilih Safe Mode dan tekan enter.
  3. Jika sudah menyala atau berjalan menggunakan mode safe mode, ikuti cara ini.
  4. Pilih Start lalu Klik All programs. Dan kemudian Pilih folder System Tool dan Klik System restore.
  5. pilih Next dan pilih yang mana saja bebas, tapi disarankah pilih tanggal dimana sebelum komputer anda rusak. lalu Klik Next dan Finish.
Nah, itulah keempat Cara Mengatasi Error Blue Screen Win32k.sys pada Windows di Laptop atau Komputer anda. Saya bukan lah ahli komputer, namun tidak salahnya mencoba apa yang saya lakukan.
Oke, terimakasih atas kunjungannya hehehe. Semoga bermanfaat 
 
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar