Selasa, 23 Agustus 2011

Hidup Ini Memang Tidak Pasti, Tapi Kematian Itu Pasti!

Hidup tidak ada yang pasti, hanya kematian yang pasti, maka nikmati hidup hari ini dengan penuh kepastian dan tak ada yang disia-siakan.
#
Hidup ini memang penuh misteri dan tidak ada yang pasti. Kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi pada esok hari dengan pasti. Bahkan bisa jadi dalam hitungan detikpun segalanya bisa berubah 180 derajat. 

Banyak peramal yang berusaha memberikan kepastian tentang hidup ini, tapi nyata mereka sendiri tidak bisa memberikan kepastian hidupnya sendiri.

Karena itu hindarilah hidup dalam kesombongan pada saat kita memiliki kelebihan dan berlebihan. Tidak berkeluh-kesah disaat hidup ada yang kurang pada diri kita dan dalam kekurangan.

Kepintaran dan kebodohan bukanlah jaminan kita akan sukses dan gagal dalam kehidupan. Kekayaan hanyalah rejeki sementara dan akan ada waktunya habis untuk menjadikan kita miskin.  Kemiskinan bukanlah takdir dan dapat diubah, sehingga kita menjadi kaya.

Banyak sudah yang terjadi dalam kehidupan ini, dimana orang kaya dalam sekejab menjadi miskin dan orang miskin drastis berubah jadi orang kaya. Semua bisa terjadi tanpa dapat kita duga.

Banyak juga yang terjadi di sekitar kita, ketika orang yang terlihat sehat dan tidak ada masalah dalam penyakit tahu-tahu mati karena sakit perut.

Sebaliknya ada yang sakit-sakitan sampai hampir mati, saat bertemu lagi sudah sehat dan terlihat segar-bugar.
Banyak peristiwa dalam hidup ini seringkali tak masuk logika dan tidak pasti. Tapi nyata terjadi di depan kita.
Seringkali tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita, tapi tetap terjadi dan harus kita terima juga. 

Hidup memang selalu memberi ketidakpastian kepada kita. Namun kita harus berani hidup dalam hukum kepastian tentang kebajikan dan kejahatan.

Bahwa kebaikan akan berbalas kebaikan dan kejahatan akan berbalas kejahatan ketika waktunya tiba. 

Menghindari kesombongan dan berkeluh-kesah dalam keadaan apapun kita saat ini serta selalu bersyukur adalah langkah yang bijak menyikapi hidup ini.

Satu lagi, walaupun hidup ini tidak pasti tapi ada satu yang pasti. Kematian!  Setiap yang hidup dipastikan akan mati pada waktunya.  Untuk itu pastikanlah sebelum mati, bahwa kita bisa mati dalam keadaan layak dan penuh kemenangan.

Sukses terbesar dalam kehidupan manusia adalah ketika sudah bisa menunaikan tugasnya sesuai kehendaki Tuhan sebelum menemui ajalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar