Sabtu, 20 November 2010

Cara Massage yang baik

Alam sebuah panti pijat yang sahih (Legitimate Massage) terdapat sejumlah teknik pijatan yang ditawarkan. Diantaranya yakni Pijatan body treatment yang meliputi pijat Shiatsu, pijat untuk pelenturan otot sehabis berolah raga, pijat ala Indonesia/tradisional, serta dengan pijat dengan Aromatherapy.

Teknik pemijatan shiatsu yang diadopsi dari cara pijat Jepang merupakan pijat tekan dengan jari tangan dan kaki pada titik-titik tekan tertentu pada tubuh seseorang. Cara ini dipercaya akan membangkitkan energi dan menumbuhkan semangat baru bagi yang dipijat. Dalam hal ini, tidak menggunakan minyak.

Sedangkan pijat tradisional Indonesia sengaja menggabungkan metode shiatsu, sport massage, dan pijat ala Swedia untuk melancarkan aliran darah dan membuat rileks organ-organ tubuh.

Mereka yang punya keluhan sulit tidur juga dapat menjalani pijat dengan aromatherapy, aromanya dari tanaman marjoram, cananga, bergamot yang diramu khusus. Ini bisa membantu mereka yang sulit tidur. Pemijatan dilakukan selama kurang lebih satu jam.

Demikian juga untuk mereka yang mengalami stres dapat menikmati pijatan dengan aroma basil, bergamont, kayu cendana. Seorang yang alami jet lag karena perbedaan waktu antara dua negara dapat merasa rileks dengan aroma rosewood, kayu cendana yang diramu khusus. Suasana hati yang romantis dan kesan sensual dapat diperoleh dari aroma ros, Ylang ylang.

Selain teknik pijatan yang dituliskan sebelumnya, ada juga jenis pijat lain, yakni Pijat Refleksi. Dalam Pijat Refleksi, penentuan titik dan teknik harus benar-benar tepat. Masyarakat Tiongkok telah memanfaatkan terapi pijat refleksi sejak ribuan tahun lalu. Namun karena masyarakat Tionghoa saat itu bersikap sangat tertutup sehingga ilmu ini tidak berkembang. Padahal, secara praktek dapat dibuktikan bahwa terapi pijat memiliki efektifitas cukup tinggi. Bukan hanya melancarkan peredaran darah, tapi juga menambah energi karena secara mekanistis memiliki kemampuan melatih saraf dan otot tubuh sehingga tubuh lebih fit dan mampu menangkal penyakit. Sejumlah penyakit bisa disembuhkan melalui pijat refleksi. Mulai dari penyakit ringan seperti pusing, pegal-pegal, dan perut mulas hingga penyakit berat seperti jantung dan kanker. Bahkan seorang pasien penyakit jantung yang sudah divonis dokter bahwa jantungnya harus di-bypass, terbukti bisa sembuh dengan pijat refleksi.

Teknik ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri, sehingga jauh lebih menghemat bila dibanding harus pergi ke ahli terapi pijat. Namun tentu saja,hal ini tidak semudah membalik telapak tangan. Karena tidak semua orang bisa menikmati kemanjuran pijat refleksi meski membaca buku yang sama atau ?menimba ilmu?Epada satu guru. Sebab Pijat refleksi akan manjur jika dilakukan pada titik yang tepat dan menggunakan teknik yang benar. Jadi jika sedikit saja titik yang dipijat meleset, maka efek yang akan didapatkan akan berbeda, malahan bisa bertolak belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar